Informasi Sidoarjo

BERITA

Lahan Sempit Layanan Uji Kir Dishub Sidoarjo Overload

Layanan uji kir kendaraan niaga milik Pemkab Sidoarjo tiap hari overload akibat kurang luasnya lahan untuk menampung kendaraan.

Antrean kendaraan terkadang sampai meluap hingga Jl Raya Gelam, Candi depan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) hingga berjajar dua baris.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo senditi tidak bisa berbuat banyak untuk mengantisipasi luberan kendaraan. Pasalnya, yang melakukan uji kir tidak hanya mobil niaga milik warga Sidoarjo saja. Tetapi mobil niaga dari daerah lain yang sudah direkomendasikan Dishub setempat juga di uji di Sidoarjo. Setiap harinya, jumlah kendaraan yang melakukan uji kir rata-rata 200 kendaraan.

Kadishub Sidoarjo HM Husni Thamrin, Pemkab Sidoarjo sebenarnya sudah memiliki lahan uji kir di Jl Lingkar Timur yang didanai pemerintah pusat. Pengurukan lahan seluas 3,7 ha itu didanai Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo. Namun dalam APBD 2013 dana untuk pengurukan lahan tidak ada sehingga pembangunan uji kir belum bisa dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan tahun ini ada alokasi dana dari Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo,” tutur Husni Thamrin, Kamis (14/3/2013).

Menurutnya, untuk memperjuangkan uji kir baru, Dishub sudah mengajukan anggaran pengurukan lahan mulai APBD 2011 dan 2012 tapi tak juga dianggarka. Padahal usulan yang dilakukan itu untuk memenuhi kepentingan masyarakat agar tidak berjubel yang bisa menimbulkan antrean di Jl Raya Gelam.

“Kami berjuang terus agar dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2013 bisa dianggarkan untuk pengurukan lahan,” terangnya.

Selama uji kir menempati kantor di Jl Gelam, hasilnya tidak maksimal karena ruang parkir kendaraan yang ada sudah tidak mencukupi lagi. Berbeda dengan lahan yang baru, luasnya mencapai 3,7 ha sehingga segala kendaraan niaga bisa masuk. Selain itu, peralatan yang ada sesuai dengan standar nasional.

Husni Thamrin menegaskan, jika tempat uji kir sudah dipindah ke Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, pelayanan uji kir akan lebih maksimal. Selain areal yang cukup luas, juga akan didukung dengan peralatan mesin uji yang memadai sesuai standar nasional. Selama ini, mesin uji kir masih menggunakan mesin lama dan kalah dengan daerah lain.

Dikatakan Husni, dari uji kir Dishub mampu menyokong PAD yang cukup besar. Untuk 2012, target sebesar Rp 2,5 miliar terlampaui hingga mencapai Rp 3,2 miliar. Rupanya, hasil yang dicapai itu tidak diimbangi dengan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Meski mesinnya jadul dan lahannya sempit kita tetap bersyukur karena bisa melampauai target,” terangnya.

Pola yang diterapkan untuk menghindari penumpukan antrean, Dishub menerapkan sebelum cek fisik kendaraan, sehari sebelumnya pemilik kendaraan harus mendaftar di loket. Langkah yang dilakukan itu agar antrean di loket dan antrean kendaraan tidak terlalu panjang. Pasalnya, jika dilangsungkan tanpa ada pendaftaran lebih dulu, jumlah uji kendaraan semakin menumpuk.

“Memang antrean ada, tapi dalam sehari bisa langsung selesai,” paparnya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Sidoarjo, H Tarkit Erdianto, layanan uji kir harus ditingkatkan karena setiap hari ada kendaraan yang melakukan pengujian. Lahan uji kir sekaligus Kantor Dishub di Jl Raya Gelam, Candi kurang memadai sehingga perlu pengembangan. “Kalau memang itu urgent untuk pengurukan harusnya dianggarkan di APBD 2013,” katanya.

Politisi PDIP menegaskan, dalam layanan itu jangan hanya kantornya saja. Tetapi peralatan uji kir harus lebih bagus dari sekarang sehingga hasilnya maksimal. “Tapi yang harus diperhatikan jangan sampai ada permainan, kendaraan yang tak lolos jangan diloloskan. Semua itu untuk keselamatan di jalan raya,” terangnya.

Sumber; Tribunnews

Tagged

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Fri, 21 Nov 2014 9:29 pm WIT

Partly Cloudy

29°

High: 33° Low: 26°

Partly Cloudy

Feels like: 29 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 70%

Visibility: 8 km

Dewpoint: 26 °C

Wind: 14.48 km/h

Sunrise: 4:59 am

Sunset: 5:28 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+