Informasi Sidoarjo

BERITA

BPS Sidoarjo: Angka Kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo Mengalami Penurunan

HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Angka kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo dari tahun ketahunnya terus mengalami penurunan. Hal tersebut ditunjukan dari data hasil Survei Sosial-Ekonomi Nasional (SUSENAS) Badan Pusat Statistik (BPS) yang dibeberkan oleh Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM sewaktu menjadi nara sumber kegiatan Sosialisasi Program Pendataan Perlindungan Sosial (PPLS 2011) tentang kemiskinan, Kamis (4/4).

Kegiatan yang di laksanakan di pendopo Delta Nugraha Sidoarjo tersebut di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Selain menghadirkan ketua TKPKD Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu nara sumbernaya. Kegiatan yang ditujukan kepada petugas kecamatan, kepala kelurahan maupun kepala desa se Kabupaten Sidoarjo tersebut juga menghadirkan nara sumber dari BPS Jawa Timur.

Ketua TKPKD Kabupaten Sidoarjo yang juga Wakil Bupati Sidoarjo MG Hadi Sutjipto menunjukkan grafik angka kemiskinan data hasil Susenas BPS yang dimulai tahun 2006 sampai sekarang terus mengalami penurunan. Mulai penurunan angka kemiskinan nasional maupun propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo.

Ditahun 2006 lalu, angka kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo dalam prosentase sebesar 11,81%. Sekarang ini turun menjadi 6,97%. Prosentase angka kemiskinan tersebut diatas rata-rata nasional maupun propinsi Jawa Timur.

Angka kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo sebesar 6,97% tahun ini melampaui angka nasional sebesar 12,36%. Sedangkan propinsi Jawa Timur juga masih berada pada angka 13,85% meskipun juga terus mengalami penurunan sejak tahun 2006 lalu.

Penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo tersebut ungkap MG Hadi Sutjipto telah melampau target RPJMD yang menekan angka kemiskinan yang masih tinggi. Akan tetapi dalam realisasinya sekarang ternyata sudah mengalami penurunan.

Masih menurut MG Hadi Sutjipto, capaian penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo merupakan hasil kerja keras semua elemen masyarakat yang dilibatkan. Untuk itu dalam kesempatan tersebut ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo.

Dari hasil analisis kuadran dan peta wilayah prioritas intervensi kebijakan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo 2012-2015 oleh TKPKD Kabupaten Sidoarjo yang dipaparkan Ketua TKPKD Kabupaten Sidoarjo MG Hadi Sutjipto. Terdapat 4 prioritas wilayah percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo terhadap Rumah Tangga Sasaran (RTS). Prioritas pertama kepada RTS di wilayah Kecamatan Jabon, Tarik, Krembung, Balongbendo, Wonoayu, Tulangan, Porong dan Kecamatan Prambon. Untuk prioritas kedua terdapat di Kecamatan Krian. Sedangkan untuk prioritas ketiga, TKPKD Kabupaten Sidoarjo memprioritaskan di Kecamatan Sukodono, Buduran dan Gedangan. Dan prioritas terakhir terdapat di Kecamatan Candi, Tanggulangin, Sidoarjo, Waru, Taman dan Kecamatan Sedati.

“Program kita harus terpadu, SKPD-SKPD kita arahan untuk ‘mengeroyok’, istilahnya ‘mengeroyok’ daerah atau kantong-kantong kemiskinan dengan program percepatan penanggulangan kemiskinan,”himbaunya di hadapan 353 kades/kakel se Kabupaten Sidoarjo serta petugas kecamatan dan Badan Pusat Statistik.

Sementara itu panitia pelaksana kegiatan Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda Sidoarjo Drs. Ilhamuddin mengatakan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas melalui kepala desa maupun kepala kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo tentang program-program pemerintah terkait penanggulangan kemiskinan di Sidoarjo. Selain itu kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memberikan pemahaman serta memperluas proses dan mekanisme pendataan PPLS tahun 2011 tentang kemiskinan beserta indikator-indikator yang ditetapkan.

Terwujudnya data tunggal yang obyektif dan up to date yang dapat dipakai oleh pemerintah pusat maupun daerah guna merancang program dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat ungkap Drs. Ilhamuddin juga menjadi salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut. (humas/git)

Tagged

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Arsip Berita

April 2014
M T W T F S S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Subscribe

ingin mengikuti berita dari kami?

kirim tweet ke @infosda


update twitter via infosda


Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Wed, 16 Apr 2014 2:29 pm WIT

Partly Cloudy

29°

High: 32° Low: 24°

Partly Cloudy

Feels like: 29 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 74%

Visibility: 8 km

Dewpoint: 24 °C

Wind: 3.22 km/h

Sunrise: 5:29 am

Sunset: 5:26 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+