Informasi Sidoarjo

BERITA

Rencananya PPDB Sidoarjo Tahun 2014 akan Dicoba Pakai Tes

SIDOARJO-Dua hari lagi dilaksanakan unas, setelah itu dilanjutkan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kemarin (12/4), Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengumpulkan stakeholder di dunia pendidikan untuk mendapatkan masukan PPDB. Tahun ini, PPDB tetap seperti tahun sebelumnya. Namun 2014 dimungkinkan pihak sekolah akan melaksanakan tes di masing-masing sekolahan.

Ini tersirat dari pernyataan Saiful Ilah. “Saat ini tes untuk masuk sekolah tidak mungkin dilaksanakan, sehingga prosesnya tetap seperti tahun sebelumnya. Sebab untuk pelaksanaan tes membutuhkan anggaran,” katanya. Dalam pertemuan itu, Sekretaris Daerah Vino Rudi Muntiawan juga berpendapat lebih baik PPBD menggunakan tes. Hal senada diungkapkan anggota DPRD Sidoarjo dari Komisi D, Sodiqun Said. “Saya sepakat. Untuk masuk ke pendidikan yang jenjangnya lebih tinggi menggunakan tes,” ujar Said. Ia menerangkan konsep itu perlu dibicarakan kembali, juga perlu penetapan.
Sebab DPRD masih harus membahasnya di lembaga legislatif, berkaitan dengan anggaran yang akan dipakai. “Tetapi jangan sampai melebihi pembahasan KUA-PPAS,” terusnya. Karena belum dianggarkan, PPDB tahun 2013 ini masih menggunakan nilai akhir (NA). NA ini meliputi 60 persen hasil unas dan 40 persen hasil ujian sekolah. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono menerangkan NA telah mencerminkan nilai unas dan ujian sekolah. “Nilai sekolah itu sendiri sudah meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik,” terang Agoes. Psikomotorik termasuk di dalamnya olahraga, agama, PKN dan sebagainya. Sedangkan ujian nasional hanya menyangkut penilaian kognitif. Agoes pun mendukung jika PPDB ada tes. “Kalau sekolah melakukan tes pada PPDB kompetensi inputnya bisa maksimal,” katanya. Tetapi bagaimana PPBD tahun 2014 yang akan dipilih, Agoes mengatakan masih belum ada keputusan. Sebab masalah tersebut akan digodok lebih detil, mengenai apa keuntungan dan kelemahannya. Hasilnya nanti akan disampaikan pada bupati untuk mengambil kebijakan. “Kalau tahun 2013 menggunakan cara yang lama karena waktunya sudah mepet,” katanya.

Tagged

bagikan artikel ini

Related Posts

41 Comments

  1. felin1 May 2013 at 12:50 PMReply

    pak, saya mau tanya kapan ya pendaftaran utk sekolah menengah atas dibuka dan persyaratannya apa aja ya. terima kasih

  2. Bram6 May 2013 at 9:41 AMReply

    assalamu’allaikum
    WR.WB.
    pengumuman hasil ujian / N.A. itu dilaksanakan tanggal berapa yya ?

    karena saya cari di google dan hasilnya hanya jadwal pendaftaran smp , sma , dan smk .

    mohon jawabanya segera , terima kasih .

  3. slatem12 May 2013 at 7:16 AMReply

    PPDB pakai tes…?????UNAS aja bocor,,??? PPDB pakai tes….ajang korupsi berjamaah diknas sda,,,parah parahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,,,cuukkkkkk

    • man13 May 2013 at 1:27 PMReply

      PPDB dengan UN beda cakkkkkkk
      kalau UN bisa terima jawab dari seantero Indonesia Raya
      tapi kalau PPDB kan Lokal Sidoarjo Thokkkkk

  4. lita aulia12 May 2013 at 7:06 PMReply

    assalamualaikum wr wb
    kapan pengambilan formulir dimulai?

  5. aulin12 May 2013 at 7:12 PMReply

    aku setuju pakai tes karena kalau pakai tes biar tau mana yang pintar dan mana yang enggak. Soalnya, ujian nasional banyak yang dikasih bocoran sama guru mereka

  6. artyo13 May 2013 at 9:45 AMReply

    pak saya mau daftar ke smp negeri gimanacara nya dan pendaftaran nnya pakek agama apa nggak pakek sih pakk

    • admin13 May 2013 at 10:59 AMReplyAuthor

      datang aja ke sekolahnya minta info langsung kesana.

  7. artyo13 May 2013 at 9:45 AMReply

    pak saya mau daftar ke smp negeri gimanacara nya dan pendaftaran nnya pakek agama apa nggak pakek sih pakk

  8. Mamad13 May 2013 at 1:19 PMReply

    UN SD, SMP, SMA enggak BOCOR kok, tapi ambrolllllll
    sebelum siswa masuk sudah membawa kunci jawaban
    tapi gimana lagi……….kalau enggak ikutan ya ketinggalan sepur.
    makanya tes lebih baik daripada nilai UN atau NA

    walau pengawasan UN dilaksanakan Silang penuh, tetep aja ambrolllll

  9. San13 May 2013 at 1:22 PMReply

    Andai yang buat soal tidak keminter
    andai yang diatas tidak merasa paling bisa
    andai arus bawah ditampung
    tentu masih ada cara sederhana agar UN tidak ambroll/ bocor / ngewesssss di mana mana
    nautahu caranya ?
    gampang saja hub. San

  10. rahma ade15 May 2013 at 6:12 AMReply

    Saya mah bersyukur alhadulillah PPDB taun ini masi pake tes :D

  11. Shervy15 May 2013 at 3:41 PMReply

    Pakai test apa tidak , tetap sama saja. Tetap nilainya tidak ada yang MURNI 100% karna Kurangnya kedisiplinan untuk semua masyarakat. Seandainya dari awal sudah tidak ada yang namanya BOCORAN JAWABAN , pasti tidak akan menyusahkan semua siswa siswi, terutama yg sebenarnya anak tsb memang benar benar ASLI CERDAS. dan Bocoran tsb SANGAT MERUGIKAN bagi Siswa yg sebenarnya mempunyai Potensi yg Murni Cerdas nya.

    • man from sidokare5 June 2013 at 12:22 AMReply

      kalau ada anak cerdas tp masih juga pegang bocoran berarti moral anak tsb jelek atau percaya dirinya kurang atau mungkin tidak benar2 cerdas. ini bisa jadi adalah gambaran/refleksi pendapat dari sebagian/kebanyakan org bhw nilai bagus (hasil) meskipun diperoleh dng cara2 curang itu jauh lebih berharga dpd nilai biasa yg didapat dr kejujuran. guru dan org tua mestinya punya cara bgmn memupuk sifat jujur tsb. indonesia ini banyak org pandai tapi moralnya jelek-itu fakta krn menomor duakan kejujuran,

  12. hamid16 May 2013 at 10:48 AMReply

    kalau rencana ppdb dibicarakan bersama memang banyak orang yang cenderung menggunakan tes,apalah artinya PP yang sudah dibuat susah-susah oleh orang yang sudah tahu kondisi di dilapangan, itu malah lebih bagus dibanding mengeluarkan anggaran digunakan nuntuk tes masuk. Alangkah baiknya anggaran itu digunakanm memperbaiki GURU yang masih belum memenuhi kompetensi mengajar sehingga Guru makin profesional dalam mengajar. Bukan sistem ujian yang diperbaiki tetapi karakter pemangku pendidikan yang harus baik dan jadi teladan yang baik.

  13. rumah minimalis17 May 2013 at 5:41 AMReply

    kapan ni ppdb sidoarjo tahun 2013?

    • admin17 May 2013 at 11:58 AMReplyAuthor

      null

  14. slatem17 May 2013 at 12:59 PMReply

    pengalaman pribadi 3 tahun lalu sewaktu PPDB masuk SMP N pakai Test, kunci jawaban beredar ada yg KW 1, Kw2 KW 3 tergantung wani piro sama orang diknas,,jujur aja saya dapat yg KW 3 banyar 2 jt,,,begitu terbukanya ketidak jujuran,,tahun ini mau di ulangi lagi…Gilaaaaaa,,,,mau jadi apa negeri ini,,,,sadar sadar,,,,,,,

  15. andiek19 May 2013 at 12:24 PMReply

    pakk…apa bener penerimaan siswa baru di bekas sekolah RSBI melalui tes dan dipungut biaya ? MOHON penejelasanya…karna saya saya punya anak ygsekolah di SDN kwansan katagurunya apabila memenuhi syarat ikut tes maka murid yang bersangkutan harus membayar 150.000 rupiah…..

    • admin19 May 2013 at 1:31 PMReplyAuthor

      Pada pngmbalian formulir, calon peserta didik mendapat kartu ID dan membayar administrasi seleksi Rp200.000

  16. purwanto21 May 2013 at 12:36 PMReply

    mohon informasi kapan ppdb sidoarjo akan di buka krn untuk sby sudah ada simulasi pendaftaran trims.. infonya

  17. sto31 May 2013 at 10:45 AMReply

    seharusnya memakai UN murni sebab lebih efektif dan transparan.karena menurut pengalaman yang sudah pabila pakai tes orang-orang atas yg akan bancaan duuuuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitt, bisa di sogok, dan bagi orang kaya akan masuk ke sekolah negri, karena punya duit,. YA PASTI NURUT ORANG KAYA PAASTI PILIH TES KARENA YAITU BISA NGOGOK PAKAI DUIT, ingat….ingat .tu

  18. Ismail1 June 2013 at 8:14 PMReply

    Yth, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah’
    Hati-hatil Pak, rencana PPDB Sidoarjo tahun 2014 mau memakai sitim Test lagi nanti pengalaman pribadi Bapak “”"slatem 3 tahun lalu sewaktu PPDB masuk SMP N pakai Test, kunci jawaban beredar ada yg KW 1, Kw2 KW 3 tergantung wani piro sama orang diknas,,jujur aja saya dapat yg KW 3 banyar 2 jt,,,begitu terbukanya ketidak jujuran,,tahun ini mau di ulangi lagi…Gilaaaaaa,,,,mau jadi apa negeri ini,,,,sadar sadar,,,,,, “” kalau Bapak Bupati kembali Lagi ke sistim Test, berarti Pak Bupati tidak bisa belajar dari Pengalaman / Jatuh kelubang yang sama berkali kali.

    • man from sidokare5 June 2013 at 12:11 AMReply

      itu krn managemen pelaksanaan tes dipegang oleh org diknas, coba kalau diserahkan ke para profesional dan diawasi kpk, pasti akan lebih bersih dan fair pelaksanaanya.
      skrng sdh ada kpk, kalau punya informasi ttg hal2 yg merugikan rakyat laporin aja ke kpk

  19. cinthiya2 June 2013 at 11:58 AMReply

    mendingan pake test soalnya sekarang banyak anak pintar sehari – hari nya disekolah malah hancur di UN dan sebaliknya . karena banyaknya jawaban bocor .terus hasil UN yang hancur mempengaruhi standart nilai masuk SMA negeri dan bisa jadi anak itu gak masuk di SMA negeri padahal kan dia punya potensi .

  20. Anwar4 June 2013 at 4:38 PMReply

    Saya doa in supaya un di perketat lagi supya tdk ambrol lagi bro.

  21. man from sidokare5 June 2013 at 12:06 AMReply

    pakai nilai unas rasanya masih lebih bagus dpd pakai tes, kecuali tes tsb dilakukan oleh pihak independen dan punya kredibilitas/reputasi yg bagus (mis ptn spt unair, its, unesa, dll). sdh jd rahasia umum tes masuk di sidoarjo jadi ajang cari keuntungan para oknum diknas dan sekolah, yg ada informasi laporin sj ke kpk biar tau rasa pelakunya.

  22. Silviana5 June 2013 at 7:05 PMReply

    untuk rekapan hasil nilai UNAS SMP 2013 apa tidak di share d websitenya DISPEN SIDOARJO ?

    • admin5 June 2013 at 8:10 PMReplyAuthor

      kenyataannya tidak ada.

  23. moniq8 June 2013 at 10:17 AMReply

    SMAN 1 Porong masih di daerah Sidoarjo kan??? berarti PPDB tahun 2013 pakai NA ya??? nggak usah tes???

  24. kala gondang29 June 2013 at 5:18 PMReply

    yth bapak/ibu pejabat yang berwenang dalam penerimaan siswa smp 2013/2014.

    saat ini pasti banyak pihak yang tertawa ataupun menangis atas hasil penerimaan untuk smp negeri di kab sidoarjo. hal ini sangat wajar dan manusiawi, karena bagaimanapun juga segala sesuatu itu pasti tidak dapat memenuhi keinginan dan ekspektasi semua pihak. akan tetapi dari apa yang telah terjadi, terdapat suatu keanehan, kejanggalan dan ke-tidak-fair-an dalam sistem penerimaan siswa smpn di kabupaten sidoarjo. hal ini terjadi karena:

    1. tidak semua siswa yang mempunyai nilai unas tertinggi merupakan siswa yang benar2 pantas dan berhak masuk smp negeri, pandai dalam kesehariannya di kelas selama proses belajar-mengajar, apalagi sudah menjadi rasan2 publik dan rahasia umum bahwa bukan hanya soal unas saja yang bocor, contek-contekan antar siswa yang dibiarkan saja oleh guru pengawas ujian dan bahkan kunci jawaban unas pun sudah tersebar atau dibagi2kan kepada para siswa pada saat unas berlangsung, SEHARUSNYA penyaringan dilakukan 2 tahap sebagaimana penerimaan sekolah kawasan, yaitu nilai skhu/nilsi akhir dan penyaringan melalui test, sehingga bisa diketahui potensi dan kemampuan riil calon siswa sehingga hasilnya bisa lebih obyektif.

    2. pelaksanaan pengembalian formulir cukup dilakukan 2 hari kerja saja, dan bukan waktu yang panjang seperti saat ini (4 hari kerja). tujuan pembukaan suatu sekolah di suatu kawasan adalah untuk menampung anak-anak disekitar lingkungan sekolah tersebut, dengan panjangnya waktu pengembalian formulir yaitu selama 4 hari, para orang tua siswa saling mengatur strategi agar anaknya masuk sekolah negeri walaupun sekolah itu sangat jauh dari tempat tinggal mereka dengan berbagai cara. hal ini sangat merugikan, walaupun tidak dirasakan saat ini, karena disamping menyiksa anak didik karena pasti akan mengalami kelelahan secara fisik, juga merugikan calon siswa yg ada dilingkungan sekolah itu, karena sekolah tersebut ‘diinvasi’ oleh calon siswa dari daerah lain.

    mohon kiranya 2 hal tersebut dijadikan pertimbangan untuk masa2 yang akan datang, syukur2 jika penerimaan siswa smp tahun ini dilakukan koreksi, mengingat hasil pendaftaran masih bersifat sementara, karena para siswa adalah generasi penerus bangsa ini, jangan cekoki mereka, jangan ajari mereka dengan trik-trik kotor yang dibuat oleh instansi yang bertanggung-jawab menyelenggarakan pendidikan. nyamankan mereka, pandaikan mereka, karena pada merekalah kita akan bergantung di hari tua.

    mohon maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan, kurang dan lebihnya kami ucapkan terima-kasih.

  25. Junny Fari Hanum2 July 2013 at 1:06 PMReply

    rencana PPDB 2014 bagus dengan test tapi harus transparan nilai hasil ujiannya, diumumkan lgs terbuka dan jujur dalam koreksi soal. hal yang perlu di jaga amanah bagi institusi terkait baik Diknas, dll : Kejujuran krn nilai ini banyak dilanggar oleh banyak orang, Ingat bahwa ada Tuhan yg selalu memperhatikan setiap apa yang kita lakukan baik yg dirahasiakan ataupun yang terang2an dan pasti nnt ada balasannya dikemudian hari Ingat itu! Mohon Bpak Bupati memberi sangsi kepada siapa yang melanggar demi tegaknya Kejujuran dan Keadilan di Negeri ini

  26. ナイキ ランニングシューズ16 July 2013 at 10:06 AMReply

    Thanks for every other informative web site. The place else could I am getting that kind of information written in such a perfect way? I’ve a venture that I am just now working on, and I have been on the glance out for such information. % ナイキ ランニングシューズ http://nike-japan.nzcmi.com%

  27. gimbal5 September 2013 at 10:31 PMReply

    belgedezzzz

  28. gimbal5 September 2013 at 10:33 PMReply

    belgedezzzz

  29. Achmad Nuryadi9 December 2013 at 8:37 AMReply

    Kapan dibuka/dimulainya PPDB sidoarjo? apakah masih dibuka/ada jalur prestasi?

    • admin9 December 2013 at 7:55 PMReplyAuthor

      belum ada info pembukaan ppdb 2014

  30. Endro W11 January 2014 at 11:33 PMReply

    bagaimana system penerimaan didik baru pada th 2014?
    apakah masih berdasarkan KK siswa dalam arti apakah calon siswa harus mempunyai KK wilayah tempat sekolah?
    bagaimana kalau calon siswa KK nya wilayah SIdoarjo tapi asal sekolah dari wilayah Kab/kota luar Sidoarjo , misal Surabaya atau kota lain,apa kena potongan point

    • admin12 January 2014 at 1:46 PMReplyAuthor

      belum ada info terbaru

  31. Setiajdie12 April 2014 at 11:40 AMReply

    Unas pasti bocor tapi pakai tes lebih bocor lagi…Titipan..paraaaaaah….kasihan anak ….Sidoarjo Paraaaaaaaaaah….

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Arsip Berita

April 2014
M T W T F S S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Subscribe

ingin mengikuti berita dari kami?

kirim tweet ke @infosda


update twitter via infosda


Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Wed, 16 Apr 2014 3:31 pm WIT

Partly Cloudy

28°

High: 32° Low: 24°

Partly Cloudy

Feels like: 28 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 79%

Visibility: 5 km

Dewpoint: 24 °C

Wind: 14.48 km/h

Sunrise: 5:29 am

Sunset: 5:26 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+