Informasi Sidoarjo

BERITA

Telat Bayar Kreditan 1 Bulan, Kendaraan Diambil Paksa Oleh Leasing Bak Perampok, Wajarkah?

Dugaan penarikan kendaraan secara paksa yang dialami debitur PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan Summit Oto Finance yang melibatkan debt collector, membuat publik bertanya-tanya. Apakah mereka itu preman yang dibina secara terorganisir, ataukah kerja profesionalnya memang tukang menarik kendaraan milik debitur?

Pengambilan paksa kendaraan yang dilakukan oleh debt collector tak hanya dialami Achmad Basuki, warga Puri Surya Jaya, Gedangan, Sidoarjo dan Ariel Dahrullah, warga Benowo Surabaya. Mobil Daihatsu Terios tipe TX Nopol W 1024 PY milik Basuki ditarik pihak ACC di parkiran Bandara Juanda. Sedang Oto Finance diduga mengambil paksa sepeda motor Yamaha Mio Nopol L 2985 W. Bahkan, uang tunai 10 juta di jok motor matic itu turut hilang. Motor tersebut milik Ariel Dahrullah, yang awalnya dicegat 6 debt collector di daerah Tandes.

Bagaimana debt collector itu bisa mengetahui keberadaan kendaraan milik debitur? Jika di Surabaya, mungkin Anda pernah melihat sekelompok orang bertampang sangar. Ada yang berpakaian safari, ada juga yang hanya mengenakan hem biasa. Mereka duduk di sepanjang trotoar berkelompok. Ada yang 3 orang, 4 orang bahkan lebih. Pria-pria tersebut membawa buku tebal dan sibuk membolak balik lembaran kertas tersebut, sambil sesekali matanya melihat jalanan mengawasi kendaraan yang melaju di jalan raya. Bisa jadi mereka itu sekumpulan debt collector bagian penarikan dari perusahaan leasing.

Pantauan Surabaya Pagi, ada beberapa titik jalan Surabaya yang menjadi tempat mereka. Diantaranya, di Jalan Panglima Sudirman dekat halte. Disana ada sekitar 5 orang berkelompok yang duduk di kendarannya masing-masing, sambil memegang buku tebal berisi plat nomor kendaraan yang menjadi target. Kemudian di Jalan Pemuda, depan parkiran Surabaya Plaza atau di depan Monumen Kapal Selam.

Selain itu juga ada di Jalan Basuki Rahmat, Aloha, Bunderan Waru, Jalan Darmo dan masih banyak lagi tempat mereka. Buku tebal itu menjadi acuan mereka, karena kendaraan itu dibeli secara kredit tapi menunggak. Karena itulah, melalui debt collector itu perusahaan leasing berharap kendaraan tersebut bisa ditarik karena menunggak.

“Kita cari (kendaraan yang menunggak pembayaran cicilan, red), sebab itu barang kita,” kata Saifullah, Koordinator Penagihan PT ACC. “Dan kendaran bisa diambil jika ada pelunasan,” imbuhnya saat dikonfirmasi di kantornya Jl Panglima Sudirman Surabaya.

Ada beberapa orang debitor yang mempunyai pengalaman kendaranyan ditarik debt collector. Syaihul (25 tahun), misalnya. Ia menceritakan pada tahun 2010 , ia dengan kekasihnya merayakan tahun baru dan keliling kota Surabaya, tiba-tiba ada tiga orang berpostur tegap mencegatnya. “Sampai di bundaran Waru ada 3 orang tinggi memepet kendaran saya dan menunjukan surat bahwa kendaran ini punya tunggakan, dan kendaran ditarik paksa. Saya diberi uang Rp 50 ribu disuruh naik taksi,” ungkapnya saat ditemui, kemarin.

Waktu itu, lanjut Syaihul, dirinya tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab, takut karena tiga pria itu bertubuh besar. “Mereka besar, percuma melawannya, ya pasrah aja,” tukas mahasiswa IAIN Sunan Ampel ini.

Berbeda dengan Syaihul, Rohim, warga Kertopaten, juga merasa resah dengan tingkah laku debt collector yang mengaku suruhan perusahaan leasing. Awal tahun 2013, saat dia bersama saudaranya, kendaraan miliknya diminta paksa oleh debt collector dari Adira. Lantaran kejadian itu, dia tidak jadi kulakan bawang. “Saya heran, telat 1 bulan aja masak langsung diambil paksa, kayak perampok aja,” ungkap Rohim.

Ia melanjutkan, saat dirinya mengurus ke Kantor Adira, ternyata ia dimintai uang adminstrasi Rp 1,5 juta untuk administrasi pengeluaran kendaraan. “Tidak saya bayar, saya tanyakan untuk apa. Biarkan kendaranku ditahan, saya ajukan komplain ke Adira pusat,“ terangnya. n tim

Tagged , ,

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Fri, 24 Oct 2014 1:59 pm WIT

Partly Cloudy

32°

High: 34° Low: 26°

Partly Cloudy

Feels like: 32 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 40%

Visibility: 9.99 km

Dewpoint: 26 °C

Wind: 28.97 km/h

Sunrise: 5:04 am

Sunset: 5:22 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+