Informasi Sidoarjo

BERITA

Kemendikbud sedang mempersiapkan model baru pengganti RSBI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mempersiapkan model baru pengganti program rintisan sekolah berstandar internasional agar bisa mempertahankan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di Banjarmasin, Minggu mengatakan bahwa program RSBI tidak bisa serta-merta dibubarkan setelah keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi, yang menyatakan keberadaan program itu bertentangan dengan konstitusi.

“Saya telah menghadap ke Pak Mahfid Md. untuk mendiskusikan masalah RSBI yang tidak mungkin bisa langsung dibubarkan karena RSBI adalah salah satu proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional,” kata Muhammad Nuh di Banjarmasin Minggu (10/2/2013).

Dengan demikian, kata dia, program yang terlanjur berjalan tidak bisa langsung dihentikan di tengah jalan, perlu ditunggu hingga akhri semester berakhir sambil mencari program model baru.

Menurut Muhammad Nuh, dalam diskusinya dengan Ketua MK, dicontohkan, pada saat orang muslim sedang menjalankan salat dan salah arah kiblatnya, orang tersebut tinggal ditegur bahwa dirinya salah kiblat.

Mengoreksi kesalahan itu, tambah Mendikbud, orang tersebut tidak perlu membubarkan salatnya, tetapi cukup menggeser ke arah yang benar, dan melanjutkan salatnya.

Begitu juga dengan program RSBI, tidak bisa langsung dibubarkan, tetapi bisa dilanjutkan hingga semester sekolah berakhir, sambil mencari model baru, misalnya RSBI tidak hanya untuk orang kaya, tetapi orang kurang mampu yang berprestasi juga bisa diberikan keleluasaan untuk masuk. “Yang paling penting keputusan MK tersebut jangan sampai mengorbankan kualitas pendidikan nasional,” katanya.

Bahkan dalam candaannya, Muhammad Nuh mengatakan bahwa RSBI bisa berganti nama menjadi “Bukan RSBI” atau bisa juga “Dulu Sekolah RSBI”. Kontan saja, candaan Nuh tersebut membuat para peseta sosialisasi tentang kurikulum 2013 di Banjarmasin yang diikuti oleh ribuan guru, tertawa.

Selanjutnya, Mendikbud mencontohkan, RSBI model sekolah Banua milik Pemprov Kalsel sangat layak untuk dikembangkan dan ditiru oleh daerah lain, yakni siswa yang masuk merupakan siswa yang berprestasi dari seluruh daerah di Kalsel.

Tujuan didirikan sekolah tersebut untuk mendapatkan bibit generasi muda yang berkualitas, yang pada akhirnya diharapkan mampu membangun daerah. Apalagi, berdasarkan informasi dari Gubernur, seluruh siswa yang masuk tidak dipungut biaya apa pun, padahal fasilitas sekolah termasuk asrama cukup lengkap dan memadai.

“Pada saat saya mengunjungi sekolah tersebut, saya coba buktikan dengan bertanya langsung kepada beberapa siswa putra apakah sekolah di sini gratis, dia bilang gratis, kemudian saya coba tanyakan kepada beberapa siswi secara acak apakah benar gratis, tetap dijawab gratis,” katanya.

Sekolah model SMA Banua tersebut, tambah dia, merupakan sekolah yang perlu dikembangkan dan bisa dicontoh oleh daerah lain kendati fasilitasnya RSBI, tidak dipungut biaya apa pun.

Sumber: Kompas

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Arsip Berita

December 2014
M T W T F S S
« Nov    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Subscribe

ingin mengikuti berita dari kami?

Arekpulsa.com

Twitter @infosda

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Fri, 19 Dec 2014 1:30 am WIT

Haze

25°

High: 31° Low: 24°

Haze

Feels like: 25 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 89%

Visibility: 5 km

Dewpoint: 24 °C

Wind: 1.61 km/h

Sunrise: 5:10 am

Sunset: 5:43 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+