Informasi Sidoarjo

BERITA

Perusahaan Sekar Group di Desa Pucang Sidoarjo Dengan Sengaja Buang Limbah ke Sungai

Perusahaan Sekar Group yang terdiri dari PT Sekar Bumi, PT Sekar Laut, dan PT Konikichi yang berada di Desa Pucang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, yang memproduksi krupuk, dan beberapa jenis makanan yang bahan dasarnya dari udang dan ikan, dengan sengaja membuang limbah ke sungai Pucang. Dari limbah inilah muncul bau busuk yang sangat menyengat, hingga dikeluhkan masyarakat sekitar perusahaan, terutama yang posisinya dibelakang perusahaan dekat dengan sungai tempat buangan limbah tersebut.

Munculnya bau tak sedap ini ditengarai dari bahan produksi yang digunakan di perusahaan Sekar Group ini, terutama PT Sekar Bumi menggunakan bahan dari udang dan ikan, sehingga limbahnya menyebabkan bau tak sedap. Apalagi PT Sekar Bumi ini dengan sengaja membuang limbahnya di Sungai belakang perusahaan, akibatnya 2 (sekolah) yaitu SMKN 2 Sidoarjo dan MAN Sidoarjo yang menuai bau tak sedap ini, yang mengganggu proses belajar mengajar. Banyak siswa dari kedua sekolah ini setiap pagi dengan terpaksa harus menutup hidung dan menelan bau tak sedap, yang menyebabkan para siswa tidak bisa konsentrasi dalam belajar, bahkan ada beberapa yang muntah-muntah karena tidak tahan dengan bau busuk yang disebarkan PT Sekar Bumi.

Ketika ditemui dikantornya Ali Machmudy, bidang pengawasan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo, mengatakan bahwa perusahaan yang mengeluarkan limbah cair wajib mempunyai UKL, UPL, Amdal dan SPPL, serta harus melaporkan UKL dan UPL secara rutin 6 (enam) bulan sekali, khusus limbah cair IPAL-nya harus dilaporkan 1 (satu) bulan sekali ke BLH. Perusahaan yang mengeluarkan limbah cair harus mengolah limbahnya sesuai dengan standard baku mutu, dikembalikan ke kondisi normal. Kalau limbah tersebut sudah memenuhi standard baku mutu, maka baru boleh dibuang artinya limbah cair tersebut sudah aman bagi lingkungan dan tidak menimbulkan bau.

“Setiap perusahaan yang mengeluarkan limbah cair, harus mengolah limbahnya sesuai dengan standar baku mutu, sehingga limbah tersebut terurai menjadi normal dan aman bagi lingkungan bila dibuang. PT Sekar Bumi belum mampu mengolah limbah cairnya sesuai dengan standar baku mutu sehingga limbah cairnya yang dibuang ke sungai masih menimbulkan bau, artinya limbahnya belum terurai menjadi normal sesuai standar baku mutu. Karena perusahaan PT Sekar Bumi ini belum mempunyai peralatan yang mampu mengolah seluruh limbah cair yang dikeluarkan”, tegasnya.

Lebih lanjut Drs Sulistyo Harsono, pengamat pelayanan publik, kesehatan dan lingkungan, menegaskan bahwa kejadian di SMKN 2 Sidoarjo, yang beberapa siswanya mengalami muntah-muntah setiap pagi, akibat bau busuk dari limbah PT Sekar Bumi yang dengan sengaja dibuang ke sungai itu artinya limbah PT Sekar Bumi jelas-jelas sudah menimbulkan dampak yang mengganggu kesehatan, dan bau yang ditimbulkan itu sudah diatas ambang batas normal.

“Perusahaan seperti PT Sekar Bumi yang dengan sengaja telah membuang limbahnya ke sungai hingga menimbulkan dampak bagi lingkungan seperti bau busuk yang menyengat sampai menimbulkan penyakit seperti yang dialami oleh siswa SMKN 2 Sidoarjo, itu telah melanggar UU No 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan PP No 41 tahun 1999, sehingga pelakunya bisa dikenai ancaman pidana kurungan selama 15 tahun dan denda sebesar Rp 750, 000,000,- (tujuh ratus lima puluh juta)”, tegasnya.

Perusahaan PT Sekar Bumi yang dengan sengaja membuang limbahnya ke sungai, tanpa diolah sesuai dengan standard baku mutu hingga menimbulkan dampak bagi lingkungan lebih-lebih limbah PT Sekar Bumi itu telah menimbulkan dampak yang mengganggu kesehatan, maka dengan jelas PT Sekar Bumi itu bisa dikategorikan telah melangar UU No 23 tahun 1997, dan sudah layak dipidanakan, tambahnya. (anuryadin).

Sumber: sidoarjopos

Tagged

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Wed, 24 Sep 2014 8:30 am WIT

Sunny

29°

High: 33° Low: 24°

Sunny

Feels like: 29 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 55%

Visibility: 8 km

Dewpoint: 24 °C

Wind: 11.27 km/h

Sunrise: 5:16 am

Sunset: 5:24 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+