Informasi Sidoarjo

Artikel

Hati-Hati Makanan Cepat Saji Bisa Sebabkan Asma dan Eksim

Mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food) tiga kali seminggu bisa memicu asma dan eksim pada anak-anak. Hipotesis itu diungkapkan para ilmuwan yang meneliti pola makan dan penyakit global.

Berdasarkan data lebih dari 500 ribu anak-anak di lebih dari 50 negara menunjukkan, makanan yang kurang gizi bisa menjadi penyebab meningkatnya kondisi penyakit terkait dengan alergi. Mereka yang senantiasa mengkonsumsi makanan cepat saji, seperti burger take-away, berisiko mengalami asma parah, eksim, gatal-gatal, dan mata berair.

Sebaliknya, mengkonsumsi banyak buah-buahan bisa menjadi pelindung. Mengutip laporan jurnal Thorax, menurut para ilmuwan, makanan cepat saji terdiri dari kadar garam tingkat tinggi dan asam lemak tinggi yang diketahui mempengaruhi sistem kekebalan. Sementara buah-buahan kaya dengan antioksidan dan komponen bermanfaat lainnya.

Dalam penelitian ini, anak-anak berusia remaja yang mengkonsumsi makanan cepat saji tiga kali atau lebih dalam seminggu mengalami kenaikan risiko 39 persen terkena asma. Anak-anak berusia enam dan tujuh tahun mengalami 27 persen kenaikan risiko yang sama. Selain itu, mengkonsumsi tiga porsi atau lebih buah-buahan per minggu bisa menurunkan risiko asma parah, eksim antara 11 hingga 14 persen.

Ketua penulis hasil penelitian, Prof. Innes Asher dari University of Auckland di Selandia Baru, dan Prof. Hywel Williams dari University of Nottingham di Inggris mengatakan jika hubungan antara makanan cepat saji dan gejala awal asma, rhinoconjunctivitis dan eksim bukan suatu kebetulan, temuan ini mempunyai pengaruh signifikan pada kesehatan masyarakat secara luas. “Karena berkaitan dengan peningkatan konsumsi makanan cepat saji secara global,” ujar Williams.

Umumnya orang yang mempunyai asma tidak diharuskan melakukan diet tertentu. Dalam beberapa kasus, makanan seperti susu sapi, telur, ikan, produk ragi, kacang-kacangan, dan beberapa makanan berpewarna dan diawetkan, bisa memperburuk gejalanya.

Malayka Rahman dari lembaga Asthma di Inggris mengatakan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis makanan seseorang berkontribusi pada risiko asma. Sebaliknya, mengkonsumsi makanan sehat bisa berpengaruh baik.

Tagged

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Fri, 24 Oct 2014 12:59 pm WIT

Partly Cloudy

33°

High: 34° Low: 26°

Partly Cloudy

Feels like: 33 °C

Barometer: 982.05 mb and rising

Humidity: 41%

Visibility: 9.99 km

Dewpoint: 26 °C

Wind: 25.75 km/h

Sunrise: 5:04 am

Sunset: 5:22 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+