Informasi Sidoarjo

BERITA

Puspa Agro Jemundo Sidoarjo Segera Jadi Pusat Distribusi Perikanan Indonesia Timur

Puspa Agro Jadi Pusat Distribusi Perikanan Indonesia Timur. Tak lama lagi, Puspa Agro menjadi pusat distribusi ikan untuk wilayah Indonesia timur. Bahkan pasar induk modern agrobis ini bakal menjadi sentra lalu lintas ikan secara internasional, baik ekspor maupun impor.

“Pusat karantina dan cold storage segera dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di area Puspa Agro. Kami siapkan lahan cukup luas, 4 hektare,” kata Dirut PT JGU, Erlangga Satriagung, di kantornya, Senin (27/5).

Kepastian ini menyusul ditandatanganinya MoU antara PT Jatim Grha Utama (JGU), selaku pengelola Puspa Agro dan Kementerian Kelautan dan Perikanan di gedung Negara Grahadi, Selasa (21/5) lalu.

Realisasi atas MoU itu, Puspa Agro menyiapkan lahan seluas 4 haktare untuk penempatan berbagai mesin dan peralatan untuk pembangunan pusat karantina ikan dan cold storage berkapasitas 5.000 ton.

Erlangga menandatangani MoU bersama Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan pekan lalu, Sjarief Widjaja, disaksikan Gubernur Soekarwo. Menurut Sjarief, pusat karantina ikan segera dibangun di Puspa Agro tahun ini juga. Sementara untuk cold storage-nya dijadwalkan pada tahun anggaran 2014.

Dibangunnya pusat karantina ikan dan cold storage berkapasitas 5.000 ton merupakan terobosan untuk memaksimalkan peran ekonomi pasar induk Puspa Agro. Apalagi, Puspa Agro ditunjuk sebagai salah satu lokasi penerapan sistem logistik ikan nasional (SLIN).

Menurut Sjarief, pembangunan pusat karantina ikan di Puspa Agro merupakan kali pertama di Indonesia. Dipilihnya Jatim (Puspa Agro, Red.), karena Jatim termasuk provinsi dengan populasi masyarakat kelautan dan perikanan sangat besar. Selain itu, Jatim dinilai lebih siap dibanding provinsi lain.

Dibangunnya fasilitas karantina ikan merupakan bentuk dukungan nyata pemerintah pusat guna mendorong terciptanya standar mutu untuk produk perikanan di Indonesia, khususnya Jatim. Fasilitas ini dimaksudkan untuk melakukan cegah tangkal terhadap berbagai penyakit ikan. Dengan demikian, ikan yang telah melewati karantina di Puspa Agro kelak benar-benar memenuhi standar mutu dan aman dikonsumsi.

“Uji mutu ini tidak saja untuk keperluan pasar dalam negeri, khususnya untuk kawasan Indonesia timur, tapi juga untuk yang ekspor maupun impor,” tandas Sjarief.

Tagged

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Arsip Berita

August 2014
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Subscribe

ingin mengikuti berita dari kami?

Arekpulsa.com

Twitter @infosda

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Sat, 23 Aug 2014 11:31 pm WIT

Partly Cloudy

26°

High: 33° Low: 23°

Partly Cloudy

Feels like: 26 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 74%

Visibility: 7 km

Dewpoint: 23 °C

Wind: 8.05 km/h

Sunrise: 5:33 am

Sunset: 5:28 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+