Informasi Sidoarjo

Artikel

Mari Memancing & Berkuliner ke Kalanganyar, Sedati Sidoarjo

Siapa bilang memancing itu kegiatan yang membosankan dan identik dengan dunianya kaum lelaki? Di Sidoarjo, beberapa lokasi pemancingan dijamin membuat istri dan buah hati betah berlama-lama. Dilengkapi dengan fasilitas bermain anak, tempat makan, plus jasa memasak hasil tangkapan.

images0

Salah satunya, di sebuah tambak ikan yang dijadikan kolam pemancingan di Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo (Jatim). Siang itu, panas matahari terasa menyengat. Namun, tak mengurangi semangat ratusan pemancing melakukan aktivitasnya. Untuk mengurangi panas sengatan matahari, mereka duduk di bawah peneduh yang mengitari bibir kolam. Yang berbeda, para pemancing itu tidak sendirian, banyak di antara mereka justru didampingi oleh istri dan anak yang masih kecil-kecil.

Murah & Seru
Wahyudi (30) salah seorang pemancing mengakui, dulu dirinya yang hobi berat memancing itu selalu sendiri melakoni hobinya. “Justru kalau anak istri diajak kan kasihan, apa mereka tidak bosan mendampingi berjam-jam,” kata lelaki asal Jateng tersebut. Namun, sekali waktu Wahyudi mengajak istri dan anaknya ke lokasi pemancingan, “Eh, enggak tahunya istri saya senang juga. Kebetulan deh, saya bisa menyalurkan hobi sambil didampingi keluarga,” ucapnya yang tinggal di Wedoro, Sidoarjo. Yanti (28), istri Wahyudi mengaku senang dengan suasana alam di lokasi pemancingan. “Daripada ke mal, lebih baik ke kolam pancing. Murah tapi menyenangkan.” Kelebihan lain, sambungnya, ikan hasil tangkapan bisa dimasak di tempat atau dibawa pulang untuk dibagikan ke tetangga.

Cerita serupa juga dirasakan Bambang. Bapak seorang anak yang tinggal di Jalan Bendul Merisi, Surabaya, ini kerap memboyong teman dan keluarganya ke tempat mancing. Suasana bertambah meriah karena masing-masing temannya juga membawa keluarga masing-masing. “Selesai memancing, ikannya dimasak di tempat dan dimakan bareng. Seru sekali,” kisahnya antusias.

Konsep Keluarga

Beragam kolam pancing yang tersebar di Desa Kalanganyar ini memang memiliki keunggulan dalam fasilitas. Mulai dari jasa pembakaran ikan hasil tangkapan, tempat makan yang bersih, hingga menu makanan dan minuman.

images8

Salah satunya, pemancingan Gemilang 2 milik Darsono. Awalnya, kolam pancingnya adalah tambak biasa. Tahun 2007 sang pemilik merombak konsepnya. Bukan sekadar sebagai tambak ikan, tetapi bisa dijadikan lokasi wisata. “Maka keluarlah ide untuk membuat tambak ini sebagai kolam pemancingan. Kami yakin kalau dikelola dengan baik, maka pasti bisa dijadikan sarana hiburan murah tapi menyenangkan,” imbuh Darsono.

Untuk mengentalkan konsep wisata, pemancingan dibuat senyaman mungkin. misalnya, di tepi tambak didirikan bangunan-bangunan dan tempat duduk agar para pemancing terlindung dari sengatan panas matahari. Agar para pemancing bersemangat, di tambaknya sengaja dilepas ikan-ikan bandeng ukuran besar yang siap masak.

Selesai memancing, ikan tangkapan ditimbang dan dihargai per kilogramnya. “Kami mematok harga Rp 20 ribu untuk per kilogram ikan bandeng,” jelas Darsono yang di kolamnya khusus ditebari ikan bandeng saja.

Ternyata usaha Darsono berbuah manis. Kolamnya ramai dikunjungi. Darsono pun tak berpuas diri. ia justru melebarkan konsep usahanya menjadi kolam pemancingan untuk keluarga. Salah satu caranya dengan mendirikan rumah-rumah untuk beristirahat, plus menyediakan jasa memasak ikan hasil tangkapan. Hasilnya? “Memang benar, sejak itu para pemancing datang berbondong-bondong memboyong keluarganya. Enak kan, setelah capek mancing, ikan segar langsung bisa dinikmati bersama di tempat.”

images66

Bagaimana dengan biaya jasa memasak ikan? Ternyata, dihitung per ekor ikan bakar sebesar Rp 4.500. Jika ingin jasa cabut duri juga bisa, tinggal tambah Rp 2.500 per ekor. “Itu sudah termasuk sambal dan lalapan, tetapi belum termasuk nasi,” paparnya yang juga menyediakan persewaan kail serta umpan ikan.

Tagged ,

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Arsip Berita

August 2014
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Subscribe

ingin mengikuti berita dari kami?

Arekpulsa.com

Twitter @infosda

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Fri, 22 Aug 2014 11:31 pm WIT

Partly Cloudy

26°

High: 33° Low: 23°

Partly Cloudy

Feels like: 26 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 69%

Visibility: 9 km

Dewpoint: 23 °C

Wind: 8.05 km/h

Sunrise: 5:33 am

Sunset: 5:28 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+