Informasi Sidoarjo

BERITA

Korban Lumpur Lapindo Sidoarjo yang Kini Huni Kahuripan Nirwana Village Desa Jati, Tagih Janji Sertifikat Rumah

Permasalahan korban lumpur Lapindo tidak hanya pada masalah pembayaran ganti rugi. Korban lumpur yang memilih pembayaran cast and resetlement yang kini menghuni perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV) di Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo, juga masih bermasalah.
Sekitar 1.500 rumah yang ditempati korban lumpur hingga saat ini belum bersertifikat. Dalam pertemuannya dengan Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo, perwakilan warga KNV meminta Pansus Lumpur memperjuangkan sertifikat yang belum dipegang warga. Janji dari PT Mutiara Masyhur Sejahtera (MMS), pengembang KNV belum terealisasi sejak rumah KNV ditempati pada 2008 silam. M Yahya, Perwakilan warga KNV mengatakan, sejak tahun itu, pihaknya dijanjikan bahwa MMS akan diberikan sertifikat paling lama enam bulan. Nyatanya,hingga saat ini sekitar 1.500 warga dibohongi. ”Ada sekitar 2 ribu warga korban lumpur yang menempati KNV, dan sekitar 1.500 yang belum menerima sertifikat,” ujar warga blok AA 5 ini. Dia mengungkapkan, beberapa kali warga meminta sertifikat tapi, tidak ada tanggapan. MMS beralasan masih mengalami masalah keuangan. Namun, yang dipersoalkan pembeli rumah baru di luar korban lumpur malah sudah diberikan sertifikat. ”KNV lebih mementingkan komersil daripada memenuhi kewajibannya memberikan sertifikat. Kita saat ini tidak memiliki rumah tetapi hanya menempatinya,” sesalnya.
Saat mendapatkan rumah di KNV, katanya, warga memang tidak menerima akta jual beli dari MMS. Karena keterdesakan kebutuhan rumah akibat semburan lumpur, warga sepakat memesan rumah di KNV karena usulan dari pihak Lapindo. Namun, justru saat ini sertifikat tidak kunjung diberikan. Ketua Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan akan memanggil MMS. Ia menegaskan pengembang harus bisa menjelaskan sertifikat yang belum diterima warga. ”Kita akan panggil MMS. Dinas terkait termasuk pihak desa hingga BPN sudah menjelaskan. Kuncinya memang di MMS,” kata politisi PKB ini. Sementara itu, sejumlah spanduk bertuliskan tuntutan pemberian sertifikat dipasang oleh warga setempat di perum KNV. Mereka dengan tegas meminta agar pengembang tidak hanya mengumbar janji. Pada 2012 lalu warga juga pernah melakukan unjuk rasa dengan membuat tenda di depan perum KNV.
sumber: radar

Tagged ,

bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Arsip Berita

August 2014
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Subscribe

ingin mengikuti berita dari kami?

Arekpulsa.com

Twitter @infosda

Instagram

Prakiraan Cuaca

Current conditions for Sidoarjo as of Sat, 23 Aug 2014 3:30 am WIT

Partly Cloudy

24°

High: 32° Low: 23°

Partly Cloudy

Feels like: 24 °C

Barometer: 982.05 mb and steady

Humidity: 78%

Visibility: 6 km

Dewpoint: 23 °C

Wind: 8.05 km/h

Sunrise: 5:33 am

Sunset: 5:28 pm

Powered by Yahoo! Weather

Jadwal Adzan Sidoarjo

Waktu sholat untuk Sidoarjo, Indonesia.

Kurs Mata Uang Asing

Download Android Apps


versi: 1.0
min OS: 4.1 Jelly Bean+